Rabu, 18 Desember 2019

​​​​​​​Dari Cuti Notaris Hingga Pemeriksaan Ponsel Ketika Ditilang

​​​​​​​Hubungan antara korupsi dan hibah hingga perbedaan advokat dengan LBH.
Tim Hukumonline

Sejak didirikan pada tahun 2000, Hukumonline.com dengan salah satu rubriknya, Klinik Hukumonline, telah menjadi medium terdepan dalam memberikan edukasi untuk berbagai permasalahan hukum yang ditemui masyarakat sehari-hari. Berbagai isu hangat pun tak luput dari ulasan rubrik ini.

 

Tak hanya itu, kini edukasi hukum yang disampaikan oleh Klinik Hukumonline telah hadir dalam berbagai format, seperti infografis, video, chatbot, hingga podcast. Hal ini sesuai dengan tagline “yang bikin melek hukum, memang klinik hukum”, yang mencerminkan komitmen Tim Klinik untuk memastikan asupan informasi hukum bagi masyarakat tercukupi.

 

Berdasarkan hasil rangkuman Tim Klinik Hukumonline, berikut adalah 10 artikel terpopuler di media sosial yang terbit sepekan terakhir. Dari cuti notaris hingga pemeriksaan ponsel ketika ditilang.

 

  1. Penunjukan Kuasa Substitusi oleh Pimpinan Daerah Ormas

Pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata menerangkan bahwa seseorang dapat diberikan kuasa untuk bertindak atas nama pemberi kuasa. Namun pemberian kuasa tersebut tidak berarti penerima kuasa dapat menguasakan kembali wewenang yang diberikan.

 

Ulasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 

  1. Dasar Hukum Pengadaan Rumah bagi Bupati/Walikota

Rumah pribadi tidak dapat berfungsi sebagai rumah dinas kepala daerah, karena pengadaan rumah dinas bersumber dari rumah negara dan dibebankan pada APBD. Simak ulasannya di sini.

 

  1. Perbedaan Advokat dengan Lembaga Bantuan Hukum

Advokat masih dapat menarik imbalan atas jasa hukum yang diberikannya, sementara LBH justru dilarang menarik imbalan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Adakah perbedaan lain di antara keduanya?

 

Selengkapnya di sini.

 

  1. Prosedur Pengajuan Cuti dan Pindah Wilayah Notaris

Sejak 2 September 2019, telah berlaku ketentuan baru untuk notaris yang mengajukan permohonan cuti dan perpindahan wilayah. Simak ketentuan selengkapnya di sini.

 

  1. Hubungan Hibah dan Korupsi

Hibah tidak selalu dapat dikategorikan sebagai korupsi sepanjang tidak ditujukan untuk menggerakkan penyelenggara negara untuk melakukan sesuatu dan tidak ada kaitannya dengan aset negara atau berpotensi untuk merugikan keuangan negara.

 

Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 

  1. Bagaimana Cara Menuntut Ganti Kerugian dari Maskapai Penerbangan?

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara dan perubahannya menetapkan jenis kerugian yang menjadi tanggung jawab pihak pengangkut dan batasan nominal ganti rugian yang dapat dituntut.

 

Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 

  1. Berakhirnya Sewa Menyewa Lisan Tanpa Batas Waktu

Sewa menyewa terkadang diadakan tanpa hitam di atas putih serta tanpa batas waktu yang jelas. Apakah cukup dengan ucapan, sewa menyewa demikian dapat pula berakhir? Temukan jawabannya di sini.

 

  1. Apakah Polisi Berwenang Memeriksa Handphone Pelanggar Lalu Lintas?

Polisi dapat memeriksa ponsel pelanggar lalu lintas jika terdapat dugaan bahwa kendaraan bermotor tersebut berkaitan dengan suatu tindak pidana. Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca pada tautan ini.

 

  1. Bolehkah Perdamaian Dilakukan Saat Putusan Akan Dieksekusi?

Sebenarnya, tidaklah mungkin perdamaian dilakukan setelah suatu perkara diputus oleh pengadilan, terlebih lagi saat sedang dilakukan eksekusi. Lalu, bagaimana pelaksanaan eksekusi jika para pihak justru ingin berdamai?

 

Simak ulasan selengkapnya di sini.

 

  1. Pemindahtanganan Tanah Kas Desa Kepada Pihak Lain

Tanah kas desa tidak dapat dialihkan kepada sembarang pihak dan harus memenuhi alasan yang sah. Penjelasan selengkapnya silakan klik ulasan ini.

 

Demikian 10 artikel pilihan pembaca yang paling “laris” sepanjang minggu ini. Jika kamu punya pertanyaan, silakan kirim pertanyaan ke http://www.hukumonline.com/klinik. Kamu perlu log in dahulu sebelum mengajukan pertanyaan. Tapi sebelum kirim, silakan cek arsip jawabannya dulu ya! Siapa tahu sudah pernah dijawab oleh tim Klinik.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua